Apa Itu Web Hosting

Apa itu web hosting? Pertanyaan itu pasti ditanyakan buat kamu yang baru terjun ke dunia website, tentu banyak pertanyaan lain lagi mengenai website seperti misalnya apa itu web server? bagaimana cara memubuat sebuah website? dan sebagainya. Pada tutorial ini, akan kami jelaskan semua itu agar kamu bisa lebih memahami mengenai web hosting.

 

Apa Itu Website Hosting?

Pada halaman website terdiri dari banyak sekali konten seperti teks, gambar, video, dan konten lainnya. Halaman website bisa saja dibuka dikomputer tanpa terkoneksi dengan jaringan, namun jika kamu ingin agar website yang kamu buat bisa ditampilkan dalam jaringan internet, kamu harus menyimpan semua konten dan data website kamu disebuah komputer server yang terkoneksi dengan internet yang siap online 24jam, komputer server ini memiliki layanan sebagai web server artinya layanan tersebut berfungsi untuk mengolah data dari konten website yang sudah kamu siapkan sehingga dapat dibuka oleh siapapun melalui jaringan internet. Kamu bisa membeli space pada web server tersebut untuk menyimpan konten website kamu, jadi kamu tidak perlu memiliki server yang sangat mahal.

 

Apa Itu Server?

Dari kata “server” kita dapat memahami artinya adalah “pelayan”. Pelayan yang dimaksud disini adalah sebuah komputer berspesifikasi tinggi yang dapat melayani jutaan pengguna internet diseluruh dunia. Komputer ini juga harus sangat aman baik dari sisi perangkat lunak, jaringan, maupun perangkat kerasnya. Komputer server inilah yang menampung data dari website-website yang ada. Sebuah perusahaan web hosting memiliki server sendiri dimana mereka menyewakan space untuk kamu sehingga kamu tidak perlu memiliki komputer server sendiri agar bisa mengonline-kan website kamu.

 

Layanan Apa Saja Yang Diberikan Oleh Perusahaan Web Hosting?

Sebenarnya bukan hanya space harddisk saja layanan yang dimiliki oleh perusahaan web hosting. Masih banyak layanan penting lainnya yang bisa kamu gunakan. Sebagian besar perusahaan web hosting menawarkan pendaftaran domain, email hosting, dan lain sebagainya. Bahkan ada perusahaan yang menyediakan juga layanan website bulder tools dimana kamu bisa membuat website kamu sendiri tanpa bantuan sang ahli karena memang dengan layanan tersebut kamu hanya perlu beberapa klik untuk membuat website yang profesional.

 

Apa Saja Fitur Dasar Web Hosting?

Disk Space

Disk Space adalah ruang penyimpanan yang disediakan oleh perusahaan web hosting untuk kamu. Ruang penyimpanan ini berfungsi sebagai penyimpanan semua konten dari website seperti teks, gambar, video, dan sebagainya. Sebagian besar perusahaan web hosting mengukur kapasitasnya dalam satuan megabytes, namun ada juga yang memberikan ruang penyimpanan yang unlimited atau tidak terbatas artinya kamu bisa menyimpan sebanyak apapun konten website kamu.

 

Bandwith

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer per unit waktu. Itu menentukan kecepatan website Anda. Semakin besar bandwidth maka semakin cepat sebuah situs untuk dimuat. Sebaliknya, semakin kecil bandwidth semakin lambat waktu yang dibutuhkan untuk dimuat. Beberapa penyedia layanan hosting menyediakan bandwidth unlimited sedangkan beberapa menawarkan harga yang berbeda berdasarkan pada jumlah yang Anda gunakan. Jika website Anda memiliki halaman yang lebih berat seperti banyak gambar, video, dll maka Anda memerlukan penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar.

 

Uptime

Uptime adalah presentase waktu hidup dari hosting server. 99.99% uptime mengacu pada waktu bahwa website hanya akan down sekitar 8 jam dalam setahun, sedangkan 98% uptime berarti website akan down sekitar 7.3 hari dalam setahun.

 

Email Account

Perusahaan web hosting juga memberikan layanan email account dimana kamu bisa membuat akun email menggunakan domain kamu. Sebagai contoh domain kamu adalah websitekamu.com maka kamu bisa membuat akun email seperti agus@websitekamu.com dengan menggunakan alamat email seperti ini, perusahaan kamu akan terlihat lebih profesional. Penyedia hosting biasanya membatasi jumlah akun email yang dapat dibuat, namun ada juga yang memberikan jumlah akun email yang tidak terbatas.

 

Sub Domain

Sub domain adalah sebuah domain yang memiliki domain induk. Contohnya adalah subdomain blog pada Hosting Kamu yaitu blog.hostingkamu.com. Penyedia web hosting juga memberikan batasan mengenai jumlah subdomain yang dapat dibuat, namun ada juga yang memberikan fasilitas unlimited subdomain dimana kamu bisa membuat sub domain yang banyak.

 

Jenis Server Hosting

Ada beberapa jenis server hosting yang dapat kamu gunakan seperti:

Shared Hosting

Hosting jenis ini adalah server tunggal yang digunakan secara bersama-sama. Hosting jenis ini sangat cocok untuk website personal, website statis yang tidak membutuhkan banyak biaya. Situs-situs entry level tidak memerlukan fitur kinerja yang tinggi, sehingga shared hosting dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus membayar mahal untuk space yang digunakan.

Dedicated Server Hosting

Sebuah server tunggal yang sepenuhnya dikhususkan hanya untuk website Anda sendiri. Jenis ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan shared hosting, karena semua resource hanya untuk satu pengguna. Server jenis ini cocok untuk situs dengan traffic dan beban yang sangat besar.

Cloud Server Hosting

Cloud hosting merupakan kumpulan dari beberapa server yang saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan server tunggal. Ini berbeda dengan shared hosting atau dedicated yang hanya menyediakan satu server. Beberapa server bertindak sebagai sistem tunggal yang memiliki beberapa keuntungan seperti load balancing, no single point of failure, non-reliance on single server yang mengacu pada keamanan yang lebih tinggi dan juga fasilitas untuk menambah atau mengurangi resource sesuai kebutuhan kamu.

 

Hosting Kamu – Grow Up Together

Tinggalkan Balasan